Update Flash Player Chrome

Pernah mendapatkan pesan di chrome kalo flash nya di blok karena belum diupdate? Hari ini saya mendapatkan pesan itu di chrome saya. Beberapa hari yang lalu saya menginstall LinuxMint sebagai ganti Gentoo yang hilang karena harddisk saya yang “rusak”. Pada LinuxMint yang saya install sudah terdapat firefox sebagai default browser. Tetapi karena saya sudah terbiasa pake chrome, dan juga karena pengen mendapat sinkronisasi bookmark dan lainnya dari google maka saya menginstall chromium-browser.

Setelah di install ternyata chrome mendeteksi plugin flash player nya out of date dan minta di update. Sebenarnya saya sudah update software-software di LinuxMint saya ke repository, tetapi sepertinya versi flash yang terakhir belum masuk ke repository. Saya berencana menunda menginstall menunggu update di repo, eh ternyata ribet juga, soalnya chrome salalu memblok flash ketika membuka halaman web yang ada flash playernya, saya selalu mengklik “run this time” untuk menjalankan flash playernya. Ada dua cara untuk mengatasi hal ini, pertama yaitu membuat si chrome jangan memblok plugins yang out of date, atau yang kedua yaitu mengupdate flash playernya.

  1. Menghilangkan peringatan update plugins di chrome dengan menambahkan –allow-outdated-plugins pada launcher. Default command pada shortcut chorme yaitu “/usr/bin/chromium-browser %U”, diganti dengan “usr/bin/chromium-browser –allow-outdated-plugins %U”.
  2. Mengupdate flash player dengan mendownload dari situsnya. Untuk LinuxMint saya milih file dengan ekstensi .tar.gz. ekstrak file tersebut, kemudian copy file libflashplayer.so ke direktori plugins chrome. Lokasi tempat plugin bisa dilihat di browser chrome dengan memasukan “chrome://plugins” pada alamat browser. Klik bagian detail dan cari Adobe Flash Player, disitu akan terlihat lokasi plugins nya. Copy file lokasi tersebut. Kemudian restart browser chrome dan lihat lagi di “chrome://plugins” untuk memastikan sudah terupdate.
Flash Player

Flash Player sebelum update

Leave a comment